Sunday, March 20, 2011

Hasil Lengkap MotoGP Qatar 2011 di Sirkuit Losail, 21 Maret 2011

Hasil Lengkap MotoGP Qatar 2011 di Sirkuit Losail, 21 Maret 2011. Casey Stoner sukses memenangi balapan pembuka MotoGP 2011 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin, 21 Maret 2011, dinihari WIB. Disusul di posisi kedua oleh Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa di posisi ketiga.


Selepas start, Dani Pedrosa langsung menggebrak dengan menyodok ke posisi pertama, diikuti Casey Stoner dan Jorge Lorenzo di tempat ketiga. Valentino Rossi sebenarnya sempat menyeruak ke posisi dua, namun ditikungan pertama pembalap Ducati ini melebar sehingga harus tercecer ke posisi enam.

Memasuki tiga tikungan pertama, sang juara dunia Lorenzo berhasil mengambil pimpinan lomba dari Pedrosa yang harus tercecer ke urutan tiga dibelakang rekan setimnya Stoner yang menempel ketat Lorenzo ditempat kedua. Namun, Lorenzo tak bertahan lama bercokol sebagai pembalap terdepan. Pasalnya, Stoner berhasil mengambil alih posisi terdepan, diikuti Pedrosa di tempat kedua.

Memasuki lap keempat, Pedrosa melakukan manuver membahayakan dengan memotong Stoner saat keduanya mencoba memasuki tikungan. Stoner nampak tidak ingin mengikuti ego, sehingga agak memperlambat motornya dan memberikan ruang bagi Pedrosa untuk mendahuluinya.

Casey Stoner yang terus menguntit Pedrosa, akhirnya berhasik mengambil posisi pertama dengan melakukan manuver cemerlang saat keduanya bersiap memasuki tikungan. Usai melewati Pedrosa, Stoner langsung melesat dan mulai menjaga jarak. Sedangkan, Pedrosa kini mulai mendapat tekanan dari Lorenzo di tempat ketiga.

Teror mental yang terus dihadirkan Lorenzo kepada Pedrosa akhirnya membuahkan hasil. Di sisa delapan lap, pembalap Yamaha sukses melewati Pedrosa yang gagal menutup ruang geraknya saat melahap tikungan. Sementara itu, rekan setim Lorenzo, Ben Spies juga berhasil memenangi duel sengit dengan Rossi dan mengamankan posisi enam, kendati Rossi belum menyerah dan terus berupaya merebut kembali posisinya.

Memasuki lima lap terakhir, Stoner kian jauh sendirian di depan. Sementara Dani Pedrosa sempat mengambil alih posisi Lorenzo di tempat kedua. Pembalap Repsol Honda lainnya, Dovi juga sukses mengovertake Simoncelli dan mengamankan posisi empat. Sementara di baris ketiga, Rossi juga masih berupaya keras mengambil kembali posisinya dari Spies yang menempati posisi enam.

Di sisa empat lap, Lorenzo kembali melancarkan aksinya dan berhasil melewati Pedrosa. Dari sini, Lorenzo mulai berhasil keluar dari tekanan Pedrosa dan menjaga jarak untuk mengamankan posisi kedua. Hingga berakhirnya lomba, komposisi pembalap tak mengalami perubahan.

Stoner tampil sebagai pemenang dengan selisih lebih dari tiga detik dari Lorenzo di tempat kedua, sementara Pedrosa di podium terakhir. Andrea Dovizioso mengakhiri balapan di posisi empat diikuti Marco Simoncelli, Ben Spies, Rossi di tempat ketujuh, Colin Edwards, Nicky Hayden dan Hiroshi Aoyama melengkapi format sepuluh pembalap terdepan. 


Pos  Rider             Team/Bike         Time/Gap
1. Casey Stoner Honda 42m38.569s
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 3.440s
3. Dani Pedrosa Honda + 5.051s
4. Andrea Dovizioso Honda + 5.942s
5. Marco Simoncelli Gresini Honda + 7.358s
6. Ben Spies Yamaha + 10.468s
7. Valentino Rossi Ducati + 16.431s
8. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 26.293s
9. Nicky Hayden Ducati + 27.416s
10. Hiroshi Aoyama Gresini Honda + 28.920s
11. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 34.539s
12. Hector Barbera Aspar Ducati + 34.829s
13. Karel Abraham Cardion Ducati + 37.957s

Retirements:

Toni Elias LCR Honda 18 laps
Loris Capirossi Pramac Ducati 1 lap
Randy de Puniet Pramac Ducati 0 laps


Klasmen Pembalap setelah race MotoGP Qatar 2011:


Pos  Rider             Team             Point
1. Casey Stoner Honda 25
2. Jorge Lorenzo Yamaha 20
3. Dani Pedrosa Honda 16
4. Andrea Davizioso Honda 13
5. Marco Simoncelli Honda 11
6. Ben Spies Yamaha 10
7. Valentino Rossi Ducati 9
8. Colin Edwards Yamaha 8
9. Nicky Hayden Ducati 7
10. Hiroshi Aoyama Honda 6
11. Cal Crutchlow Yamaha 5
12. Hector Barbera Ducati 4
13. Karel Abraham Ducat 3

No comments:

Post a Comment