Thursday, March 17, 2011

Jadwal dan Tata Cara Pengundian Babak Perempat Final Liga Champion 2010/11

Jadwal dan Tata Cara Pengundian Babak Perempat Final Liga Champion 2010/11. Undian Liga Champions akan digelar hari ini, Jumat (18/3) pukul 12:00 waktu Eropa Tengah atau pukul 18:00 WIB di markas UEFA di Nyon, Swiss.

Sebanyak 76 klub dari 52 negara mengikuti turnamen ini sejak Juni 2010 dan kini hanya tersisa delapan tim.

Dari jumlah tersebut, Liga Primer Inggris mengirimkan wakil terbanyak, yaitu tiga tim. Sementara, dua tim berasal dari Primera Liga Spanyol. Italia hanya menyisakan tim juara bertahan; sedangkan Jerman dan Ukraina juga sama-sama menyisakan satu wakil.

Berikut kedelapan tim yang berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champion 2010/11:

1. Barcelona     
Tim terbaik dunia sekaligus favorit turnamen. Barcelona menunjukkan kelas ketika menyingkirkan Arsenal di babak 16 besar. Meski demikian mereka tak jarang terlihat rapuh saat bertanding di kandang lawan.

2. Schalke     
Meski terseok-seok di Bundesliga Jerman, Schalke masih memperpanjang nafas di turnamen ini setelah menang meyakinkan atas Valencia. Schalke kini dipastikan tak lagi ditangani Felix Magath.

3. Shakhtar     
Shakhtar adalah tim kejutan musim ini dengan mengalahkan Arsenal di babak penyisihan grup serta menyingkirkan AS Roma. Wakil Ukraina ini untuk kali pertama hadir di babak delapan besar dan dipastikan tampil tanpa beban.

4. Tottenham     
Tim lain yang mengejutkan musim ini ketika menyingkirkan AC Milan pada musim debutnya di Liga Champions. Spurs sempat pula mengalahkan Inter Milan di penyisihan grup. Wakil Inggris ini juga dipastikan tampil tanpa beban di putaran-putaran berikutnya.

5. Inter Milan     
Lolos ke delapan besar berkat kemenangan dramatis atas Bayern Muenchen. Semangat juang Inter pantas dipuji, meski muncul pertanyaan tentang kualitas lini belakang mereka yang harus ditingkatkan jika ingin mempertahankan gelar.

6. Chelsea     
Chelsea melangkah ringan ke babak delapan besar setelah tak tertandingi Kopenhagen. Mungkin tim ini yang paling berambisi merebut gelar juara Liga Champions setelah membelanjakan £70 juta untuk Fernando Torres dan David Luiz.

7. Real Madrid     
Sejauh ini terbilang sukses memupus misteri perjalanan mereka di Eropa. Kutukan boleh usai, tapi perjalanan belum berhenti. Jose Mourinho harus menjawab keinginan publik Santiago Bernabeu yang mengincar gelar Liga Champions untuk kali kesepuluh.

8. Manchester United
Manchester United edged melaju berkat kemenangan 2-1 atas Olympique Marseille di Old Trafford. Sejauh ini, United belum terkalahkan di Eropa. Namun, mereka tengah diliputi krisis lini belakang yang harus segera diatasi.





Berikut Tata Cara Pengundian Babak Perempat Final Liga Champion 2010/11:

Sistem pengundian mencakup:
  • Tidak ada unggulan. Tidak ada tim yang ditempatkan di atas tim lain.
  • Sepenuhnya bebas. Jika pada babak sebelumnya tim dari grup dan federasi yang sama dipisahkan, di babak delapan besar sistem tersebut ditiadakan.
  • Bagan semi-final turut ditentukan. Selain perempat-final, pertandingan semi-final juga sudah dipastikan dalam undian. Dengan sendirinya, final ideal Liga Champions musim ini sudah dapat diperkirakan. Setiap tim sudah mengetahui tiga calon lawan yang akan mereka hadapi sebelum mengangkat trofi di Wembley kelak.
Siapakah menurut anda yang menjadi juara Liga Champion musim 2010/11 ini? Silahkan sampaikan pendapat anda melalui poling yang ada di sidebar kanan. 


No comments:

Post a Comment